Oleh: blackknight5675 | Maret 5, 2009

BUDIDAYA SRIKAYA JUMBO

srikaya-27SLEMAN – Musim penghujan merupakan musim yang baik untuk mulai bertanam tanaman-tanaman berbuah. Bagi Anda yang tidak memiliki lahan luas, dapat bertanam tanaman buah dengan cara tabulapot (tanaman buah dalam pot). Yang selain tidak memakan lahan banyak juga mudah perawatannya.

Yang perlu disediakan adalah pot bunga ukuran besar atau brum bekas. Hampir semua tanaman buah dapat di tanam secara tabulapot. Dan kunci utama keberhasilan tabulapot itu, pada ketersediaan unsur hara bagi tanaman.

Salah satu jenis tabulapot yang kini sedang di budidayakan oleh ‘Mitra Tani’, adalah tanaman srikaya jenis newvarie asal Australia.

Jenis srikaya ini, sebenarnya dapat tumbuh dengan cepat. Hanya saja, memiliki batang yang mudah patah. Sehingga sangat sulit untuk dilakukan pencakokan.

Srikaya jenis newvarie ini lebih terkenal di kalangan pecinta tanaman buah dengan nama srikaya jumbo. Pasalnya, ukuran buah dari srikaya jumbo ini bisa seberat delapan ons. Luar biasa sekali. Karena rata-rata berat buah srikaya itu hanya 1-2 ons saja.

Kelebihan lain srikaya jumbo ini, pohonnya tak pernah berhenti berbuah. Selain itu, juga memiliki daging yang tebal berwarna putih bersih. Serta, jarang sekali terdapat biji di dalamnya.

“Untuk mengembangbiakan pohon srikaya jumbo ini, memang sedikit agak rumit. Karena harus melewati cara sambung mata dan sambung susu,” tutur Sudihartono pemilik ‘Mitra Tani’ pada N-News (12/11).

Dari dua cara pengembangbiakan itu, teknik sambung mata memiliki masa berbuah sampai satu setengah tahun. Sementara untuk sambung susu, dalam waktu satu tahun sudah berbuah.

Sambung mata dengan cara menyambungkan batang bawah dari jenis srikaya lokal dengan potongan batang srikaya jumbo dan di bungkus plastik biarkan hingga batang benar-benar rekat.

Sedangkan pada sambung susu di ibaratkan tanaman menyusu induk tanaman hingga siap tanam. Dengan cara batang bawah yang telah ditanam di polybag di potong serong, kemudian pilih cabang srikaya jumbo yang baik, sayat kulit srikaya jumbo dan tempel dengan batang bawah tanpa memutus batang sambungan dengan tanaman induk. Setelah kedua cabang benar-benar merekat barulah hasil sambung susu dapat dipisahkan dengan tanaman indukkan.

Harga jual bibit baik dari hasil sambung mata atau sambung susu hanya di hargai Rp 40 ribu/pohonnya, cukup murah khan. Lagipula ‘Mitra Tani’ siap mengirim ke seluruh pelosok nusantara tentu saja tambah ongkos kirim dan siap memdampingi para peminat tanaman ini hingga berhasil. Prospek menanam srikaya jumbo ini sangat menggiurkan sekali. Lantaran besar buahnya dan tebal dagingnya, otomatis harganya pun cukup mahal.

Di daerah Kendal, Jawa Tengah, buah srikaya jumbo ini telah di pasarkan di beberapa pusat perbelanjaan. Bayangkan saja keuntungan yang akan didapatkan, jika berat sebuah srikaya bisa lebih dari setengah kilogram.

Pertumbuhan yang paling optimal memang di tanah langsung tanpa pot, tetapi jika lahan terlalu sempit juga dapat ditanam dengan pot.

Hanya saja, jika ditanam dalam tabulapot, sebaiknya gunakan drum bekas yang bisa bertahan hingga enam bulan. “Kalau pakai pot plastik paling lama bertahan sampai tiga tahun saja. Kemudian diperlukan perombakan media tanam secara keseluruhan,” tutur Sudihartono yang alumnus SMU N 1 Sleman ini. danar wulandari

Tips Perawatan Tabulapot Srikaya Jumbo

1. Siapkan drum bekas yang telah dilubangi alasnya.
2. Siapkan sekam padi.
3. Siapkan beberapa batu bata untuk alas drum agar sirkulasi air lancar.
4. Siapkan media berupa tanah : pupuk kandang : sekam dengan perbandingan 2:1:1.
5. Isi drum dengan sekam padi setebal 10 cm.
6. Masukkan media tanam hingga kurang 20 cm dari bibir drum.
7. Buat lubang ditengah, sesuaikan dengan besarnya tanaman.
8. Lakukan penyiraman sehari sekali.
9. Siram dengan rendaman kompos sebulan sekali.
10. Beri pupuk dasar seperempat sendok makan NPK pertumbuhan (Mutiara Biru) tiga bulan sekali.
11. Pemangkasan dilakukan secara rutin pada dahan-dahan yang tidak diinginkan.
12. Untuk memacu pembuahannya, siram dengan Atonik satu sendok makan yang telah dicairkan ditambah satu liter air seminggu sekali (Atonik dapat di beli di toko-toko pertanian dengan harga sekitar Rp 12.500/btl).
13. Semprotkanlah Atonik ini di bawah daun, pada pagi dan sore hari
14. Berikan minyak ikan khusus tanaman, dengan ukuran satu sendok makan yang dicairkan dengan satu liter air. Minyak ikan ini banyak dijual di toko pertanian, harganya kurang lebih Rp 20.000/btl
15. Sebagai ganti minyak ikan dapat diberikan air cucian daging atau ikan.

About these ads

Responses

  1. ya saya sangat suka dengan tanaman2 terutama yang berbuah, dan saya sudah punya pohon srikaya jumbo tang dimaksud tapi belum juga berbuah, setelah saya baca artikel ini saya akan mencoba memperlakuka pohon srikaya saya dengan yang di anjurkan di artikel ini, tq.

    • senang bisa membantu,,terimakasih

  2. Dimana saya bisa mendapatkan bibit Srikaya Jumbo dan bagaimana caranya, terima kasih

    • silahkan bisa inboq saya pak,,,,

  3. Bolehdong dikirim, harga dan ongkos kirim pokoknya beres

    • kirim ke mana itu ya pak???

  4. di mana beli bibitnya?

    • silahkan inboq saya mass,,,

  5. Apakah ada cabang mitra tani di jabar/ jakarta gan?

    • saya ada di temanggung pak,,,mohon maaf kurang paham untuk yang luar daerah

  6. mohon alamatnya dimana dan nomor teleponnya…….maturnuwunnnn

    • temanggung jateng pak

  7. alamat dimana……………..tks


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: